PPI-Kansai & Garuda Indonesia
Layanan Reservasi Tiket Online
Jepang - Indonesia

Fri, Jul 11th, 2014 - 10:09 AM

* F A Q


Apa keuntungan memesan tiket di BPT Garuda PPI Kansai?

  1. Murah: Dapat tarif khusus untuk Warga Negara Indonesia (WNI), tidak hanya untuk pelajar tapi berlaku untuk seluruh WNI yang tinggal di Jepang, dan juga untuk Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki hubungan keluarga inti dengan WNI.
  2. Bagasi lebih banyak: 30 kg (round trip/one way).
  3. Convenient: Garuda Indonesia menyediakan penerbangan setiap hari dari/ke Osaka/Tokyo dan memiliki banyak penerbangan sambungan ke berbagai kota tujuan di Indonesia.
  4. Nyaman: Mendapatkan seat space yang cukup luas untuk kelas ekonomi dan juga mendapatkan pelayanan yang prima oleh pramugari Garuda selama di kabin pesawat.
  5. Fleksibel: Tanggal tagihan bisa diset sampai 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Apabila tiket belum terbit, pemesanan dapat dibatalkan maupun diganti jadwalnya tanpa dikenakan biaya.
  6. Mudah: Pemesanan tiket mudah dilakukan via website dalam Bahasa Indonesia dan staf BPT juga berbahasa Indonesia.
  7. Pembayaran mudah: Pembayaran via transfer bank (JP Post atau Sumitomo Mitsui Bank Corp.). Transfer sesama JP post tidak terkena biaya.

Apa itu ETHNIC FARE?

ETHNIC FARE adalah tiket dengan harga murah khusus bagi WNI (Warga Negara Indonesia), dan juga WNA (Warga Negara Asing) yang memiliki hubungan keluarga inti dengan WNI.

Siapa yang bisa mendapatkan ETHNIC FARE?

  1. Seluruh pemegang paspor Indonesia.
  2. Keluarga dari pemegang paspor Indonesia: orang tua/mertua, kakak/adik kandung, suami/istri, dan anak (dibuktikan dengan menyertakan dokumen pendukung yang menyatakan hubungan keluarga dan bepergian bersama).

Saya WNI, tapi istri saya bukan WNI, bisakah kami memperoleh tiket dengan harga ETHNIC FARE ini?

Bisa, asalkan istri anda itu bepergian bersama anda.
Dokumen pendukung untuk NON WNI (misalnya kewarganegaraan Jepang) adalah kousekitohon atau juminhyo (family registration certificate yang dikeluarkan city hall) atau surat nikah untuk NON WNI lainnya. Untuk anak bisa juga menyertakan akte lahir atau affidavit yang dikeluarkan oleh KBRI atau KJRI.
*Selanjutnya dokumen ini diupload di bagian “ktm/visa/lainnya” di data pribadi anda*

Saya bukan mahasiswa, apakah saya bisa membeli tiket lewat BPT PPI Kansai ini?

Tentu saja bisa, syaratnya hanya satu, PASPOR ANDA adalah PASPOR INDONESIA.

Anak saya lahir 2 April 2012, sementara kami akan berangkat dengan penerbangan tanggal 3 April 2014, apakah masih bisa digolongkan bayi?

Definisi Garuda tentang bayi adalah "Infant fare means the fare for a person who has not reached his 2nd birthday", berarti anak anda tidak tergolong bayi lagi dan masuk kategori ANAK.

KETENTUAN USIA (usia dihitung pada saat penerbangan bukan pada saat pemesanan)
  • 0-2 tahun : tarif BAYI (tidak mendapatkan kursi, bila ingin mendapatkan kursi terkena tarif ANAK).
  • 2-12 tahun : tarif ANAK
  • di atas 12 tahun : tarif DEWASA

Apa arti tiket one way, 1 bulan open, dan 3 bulan open?

PP 3 Bulan Open
Tiket yang berlaku selama 3 bulan terhitung sejak berangkat dari Jepang. Tanggal kembali dari Indonesia bisa diubah setelah tiba di Indonesia. Tiket ini hanya berlaku selama 3 bulan, tidak bisa diperpanjang, dihitung hangus jika tidak dipergunakan dalam masa 3 bulan tersebut di atas.

PP 1 Bulan Open
Tiket yang berlaku selama 1 bulan terhitung sejak berangkat dari Jepang. Tanggal kembali dari Indonesia bisa diubah setelah tiba di Indonesia. Tiket ini hanya berlaku selama 1 bulan, tidak bisa diperpanjang, dihitung hangus jika tidak dipergunakan dalam masa 1 bulan tersebut di atas.

One Way
Tiket yang hanya berlaku untuk satu kali jalan, dari Jepang ke Indonesia.

Apa arti Stop Over?

Stop over adalah berhenti (bermalam) di Denpasar atau Jakarta atas permintaan penumpang, bukan karena delay atau jadwal penerbangan yg ditunda oleh pihak Garuda. Batas waktu stop over adalah selama tiket masih berlaku. Biaya satu kali atau dua kali stopover tertera pada halaman depan.

Saya akan pulang dan berada di Indonesia lebih dari 1 bulan, apakah saya bisa membeli tiket jenis PP 1 bulan open dan memperpanjangnya di Indonesia? Nombok pun tidak apa-apa.

Tidak, semua jenis tiket yang kami layani tidak bisa diperpanjang masa berlakunya lebih dari yang telah ditetapkan. PP 1 bulan Open maksimal 1 bulan, dan PP 3 bulan Open maksimal 3 bulan.

Bolehkah saya membatalkan tiket yang sudah saya bayar?

Boleh, selama tiket itu belum terpakai sama sekali. Tapi anda akan dikenai biaya pembatalan sebesar 17.500 yen

Bisakah saya mengubah tanggal kembali ke Jepang untuk tiket 1 bulan open atau 3 bulan open?

Bisa, tapi maksimal 2 hari sebelum penerbangan. Mohon informasikan perubahan jadwal via chat box di site, email di garuda.ppikansai@yahoo.com.

* Tentang Pemesanan dan Pembayaran Tiket

Apakah saya bisa membeli tiket untuk penerbangan dari Indonesia ke Jepang?

Tidak bisa. Anda harus membelinya di Garuda Indonesia yang ada di Indonesia.

Bagaimana cara melakukan pemesanan?

  1. Login di halaman depan, kalau belum terdaftar silakan daftar dulu (link registrasi dan aktivasi)
  2. Klik di "Pemesanan Tiket", silahkan pilih tipe perjalanan "oneway" atau "return", kota keberangkatan dan tujuan, tanggal keberangkatan dan kembali(bila PP) dan klik BOOKING
  3. Pilih penumpang yang akan ikut terbang, pilih tanggal alternatif, silahkan pilih pilihan stop over dan tanggal stop over yang diinginkan, kemudian klik CONFIRM BOOKING
  4. Cek status pemesanan di link "status pemesanan". Dan perhatikan STATUS anda (BOOKING, WAITING, KONFIRM, INVOICE, BAYAR, TRANSFER, TIKET, FINISH).
  5. Pada status WAITING, system akan memberikan nomer kode itenerary yang fungsinya sebagai kode booking di GARUDA. Anda diminta untuk melakukan konfirmasi setelah status kursi pemesanan anda sudah CONFIRM semua. Pilih tanggal untuk diterbitkan invoice dan klik INVOICE.
  6. Pada status KONFIRM, anda diminta menunggu sampai diterbitkannya Invoice yang sesuai dengan pemesanan anda.
  7. Pada status INVOICE, silahkan download bukti Invoice anda dan segera mentransfer sejumlah uang yang tertera di Invoice anda. Setelah selesai membayar silahkan klik BAYAR.
  8. Pada status BAYAR dan TRANSFER, silahkan menunggu hingga diterbitkannya TIKET.
  9. Pada status TIKET, anda dapat mendownload e-tiket anda.
  10. Pada status FINISH, transaksi anda selesai dan selamat menikmati penerbangan bersama GARUDA AIRLINE.

Kapan paling lambat saya harus transfer biaya tiket?

Paling lambat 7 hari sebelum keberangkatan, kecuali kalau pemesanan anda adalah emergency (keluarga meninggal/sakit berat atau hal-hal yang tidak biasa lainnya).

Kalau saya butuh tiket karena urusan keluarga yang mendadak (meninggal, sakit berat,dll), apakah ada jalur khusus?

Jika masih sempat, silakan isi formulir di website ini lalu telpon ke HP pengurus tiket. Jika telpon tidak bisa menyambung, maka silakan gunakan fax, email HP, dan email PC sekaligus. Tidak usah sungkan-sungkan, kami memang ada untuk membantu anda. Untuk emergency insya Allah kami akan bantu untuk mendapatkan tiket walaupun sehari sebelum keberangkatan, asalkan memang ada seat dan penerbangan yang tersedia.

Pengertian STATUS

  1. BOOKING
    Apa yang harus dilakukan?
    Menunggu konfirmasi booking. Saat ini kursi sedang dicarikan dan anda akan menerima notifikasi bila booking telah diproses. Bila sampai 7 hari tidak ada respon hubungi staf BPT di garuda.ppikansai@yahoo.com)
  2. WAITING
    Apa yang harus dilakukan?
    Cek itinerary anda dengan mengklik kode booking. Bila status sudah confirm semua, masukkan tanggal terbit tagihan dimana anda siap melakukan pembayaran dan klik KONFIRM. Bila status masih waiting list, anda diminta untuk menunggu sampai status confirm atau memberikan jadwal alternatif ke staf BPT via fasilitas pesan. Konfirmasi dapat atau tidaknya seat bergantung dari penumpang yang batal jadi tidak dapat dipastikan kapan bisa confirm. Bila ingin tanya lebih lanjut kontak staf BPT.
  3. KONFIRM
    Apa yang harus dilakukan?
    Menunggu invoice terbit pada tanggal yang anda tentukan. Anda akan menerima notifikasi bila invoice telah terbit.
  4. INVOICE
    Apa yang harus dilakukan?
    Download invoice dan transfer pembayaran tiket segera sesuai dengan jumlah yang tertera di invoice ke no rekening BPT. Setelah transfer, klik BAYAR dan beritahu staf BPT via sms atau fasilitas pesan ke rekening mana anda transfer.
  5. BAYAR
    Apa yang harus dilakukan?
    Menunggu staf BPT transfer pembayaran ke Garuda Osaka. Jadwal transfer dilakukan 2 kali seminggu, biasanya pada hari Selasa dan Kamis, pengecualian untuk pemesanan genting yang butuh tiket segera.
  6. TRANSFER
    Apa yang harus dilakukan?
    Menunggu staf Garuda mengupload e tiket anda. Anda akan menerima notifikasi pesan bila tiket sudah diterbitkan.
  7. TIKET
    Apa yang harus dilakukan?
    Mendownload e tiket anda dan print untuk dibawa ketika perjalanan.

* Tentang Dokumen

Dokumen apa saja yang mesti saya lampirkan?

Cukup upload hasil scan paspor anda (halaman depan dan halaman perpanjangan bila ada), dan juga resident card anda (sebagai dokumen pendukung).

Bagian mana dari paspor yang harus saya kirimkan?

Kami hanya butuh bagian depan yang memuat foto dan data anda. Bila ada halaman perpanjangan silakan upload di dokumen pendukung.

Jika saya tidak punya scanner, bagaimana saya bisa upload dokumen saya?

Silakan gunakan kamera keitai atau kamera digital lalu upload di akun anda. Jika foto kamera kurang jelas maka anda akan kami minta mengirim scan atau foto yang lebih jelas segera.

Saya tak punya mesin fax dan scanner, bagaimana caranya supaya bisa kirim dokumen?

Anda bisa mengambil foto dengan kamera ponsel anda. Bisa juga dengan menggunakan scanner yang tersedia di konbini terdekat dari tempat anda. Biasanya mereka mengenakan tarif sebesar 50 yen perlembar. Kalau anda mahasiswa, coba minta tolong scan dokumen di fakultas atau student center di universitas anda.

* Troubleshooting

Permasalahan login

Apabila anda mengalami permasalahan untuk menggunakan system, semisal setelah login kemudian gagal untuk melakukan klik disuatu link. Maka harap melakukan "clear cache dan cookies" pada web browser anda. Untuk melakukan hal tersebut bisa mengikuti cara-caranya di video berikut.

Internet Explorer

Firefox

 
Page rendered in 0.0409 seconds